ULTRASONOGRAFI (USG)

ULTRASONOGRAFI (USG) 

A.    
Pengertian
Ultrasonografi (USG) adalah sebuah teknik pencitraan diagnostik menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yaitu antara 1-15 MHz. Contohnya USG obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan. 
Gambar 1. Pesawat usg
Image
Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan singkatan USG digunakan luas dalam medis. Pelaksanaan prosedur diagnosis atau terapi dapat dilakukan dengan bantuan ultrasonografi (misalnya untuk biopsi atau pengeluaran cairan). 
B.  Instrumen Pesawat Ultrasonografi (USG)
Sebuah pesawat USG umunya memiliki bagian-bagian berikut :
  • Transducer Pulse Controls (Pulser)
Transducer Pulse Controls memungkinkan operator yang disebut sonographer untuk menetapkan dan mengubah frekuensi dan durasi dari pulsa ultarasound, serta mode scan pada pesawat. Perintah dari operator diterjemahkan untuk diubah menjadi arus listrik yang diterapkan pada kristal piezoelektrik dalam transducer probe.
  • Central Processing Unit ( CPU )
CPU adalah otak dari pesawat USG. CPU pada dasarnya adalah sebuah komputer yang berisi mikroprosesor, memori, amplifier dan sumber listrik untuk mikroprosesor dan transducer atau probe. CPU mengirim arus listrik ke transducer atau probe untuk memancarkan gelombang suara, dan juga menerima pulsa listrik yang dihasilkan dari gelombang suara yang kembali ke probe. CPU melakukan semua perhitungan yang terlibat dalam pengolahan data. Setelah data mentah diproses, CPU membentuk gambar pada monitor. CPU ini juga dapat menyimpan data dan gambar yang dapat diproses pada disk.
  • Transducer atau Probe
Transduser probe bagian utama dari mesin USG, menghasilkan dan menerima gelombang suara menggunakan prinsip yang disebut  efek piezoelektrik. Satu atau lebih kristal quartz disebut kristal piezoelektrik.  Ketika arus listrik diterapkan pada kristal ini , kristal berubah bentuk dengan cepat. Perubahan yang cepat pada bentuk atau getaran dari kristal menghasilkan gelombang suara yang memancar ke luar. Sebaliknya, bila suara atau tekanan gelombang mengenai kristal, maka akan memancarkan arus listrik. Oleh karena itu, kristal yang sama dapat digunakan untuk mengirim dan menerima gelombang suara. 
Macam – macam transduser:
1)      Transducer Linear digunakan untuk melihat  organ superficial seperti testis, kelenjar tiroid dan kelenjar payudara (mammae). Frekuensi gelombang suara yang digunakan tinggi antara 5-10 MHz.
2)      Transducer Kurvilinear digunakan pada pemeriksaan transvaginal dan transabdominalis. Transducer ini untuk melihat organ-organ yang dalam seperti abdomen dan thorax. Frekuensi  gelombang suara yang digunakan yaitu antara 1-5 MHz.
3)      Transducer Sektor digunakan untuk melihat jantung (transthoracal) dan juga kepala bayi (transcranial).

  • Receiver
Suatu receiver digunakan untuk prosessing awal informasi echo yang diterima, kemudian mengubah echo tersebut menjadi signal listrik.
  • Display
Display merupakan sebuah layar monitor pada komputer yang menunjukkan data yang diolah dari CPU. Dapat menampilkan gambar hitam-putih atau warna, tergantung pada model pesawat USG.
Tampilan monitor USG ada 4 mode yaitu:
A-Mode (Amplitudo Mode)
1)      Tampilan pada layar berbentuk frekuensi dan amplitudo
2)      Instrumen yang digunakan pada mode ini menggunakan instrumen A-Scan.
3)      Notasi ampitudonya “A”
4)      Waktu dan amplitudo nilainya hampir sama, karena kecepatan suara dijaringan nilainya sama.
B-Mode
1)      Tampilan pada layar berupa bentuk organ dengan komposisi gelap-terang.
2)      Gambaran dua dimensi dengan pola koordinat gelap-terang.
3)      Gambaran didapat dengan menggeser dan menyudutkan transduser.
4)      Notasi amplitudonya “B” untuk cerahan atau brightness.
Real Time Mode (T-Mode) / Time Motion Mode (M-Mode)
1)      Tampilan pada layar berupa organ dengan komposisi gelap dan terang disertai gerakan sesuai dengan objek.
2)      Masih digunakan secara luas untuk memindai janin dan jantung.
Doppler (D-Mode)
1)      Merupakan pengembangan dari Time Motion Mode.
2)      Digunakan untuk menilai aliran serta bentuk pembuluh darah yang disertai dengan warna sebagai pembeda.
  • Analog Digital Converter (ADC)
ADC merupakan suatu alat yang berfungsi mengubah data analog berupa signal – signal listrik menjadi data digital untuk diproses secara komputerisasi untuk menjadi sebuah gambaran.
  • Keyboard atau Kursor
Pesawat USG memiliki keyboard dan kursor, seperti trackball. Perangkat ini memungkinkan operator untuk input data,  menambahkan catatan dan mengambil pengukuran dari data.
  • Disk Storage
Data dan gambar dapat diolah atau disimpan pada disk. Disk dapat berupa hard disk, disket, compact disc (CD) atau digital video disc (DVD). Biasanya, hasil USG pasien disimpan pada floppy disk dan diarsipkan dengan catatan medis pasien.
  • Printer
Printer merupakan peralatan yang digunakan untuk mencetak data atau informasi dari komputer dengan kertas. Banyak pesawat USG memiliki thermal printer yang dapat digunakan untuk mencetak gambar dari data yang ditampilkan.

Sumber :
https://arearadiologi.wordpress.com/2013/11/01/ultrasonografi-adalah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Jenis Hasil Pengolahan Umbi-umbian

Cara membuat pot bunga mozaik keramik