GELOMBANG

GELOMBANG
Hasil gambar untuk gelombang adalah

A. Pengertian Gelombang 

Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.

B. Jenis-Jenis Gelombang 


1. Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnya seperti riak gelombang air, benang yang digetarkan, dsb.

2. Gelombang Longitudinal

Gelombang logitudinal adalah gelombang yang merambat dalam arah yang berimpitan dengan arah getaran pada tiap bagian yang ada. Gelombang yang terjadi berupa rapatan dan renggangan. Contoh gelombang longitudinal seperti slingki / pegas yang ditarik ke samping lalu dilepas.

sumber :
http://www.organisasi.org/1970/01/arti-definisi-pengertian-gelombang-dan-jenis-macam-gelombang-transversal-longitudinal.html#.WrMtsWpuaM8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Serealia dan Manfaatnya

Cara membuat pot bunga mozaik keramik