GANGGUAN PENYAKIT ASMA, CARA MENCEGAH DAN MENAGGULANGI

GANGGUAN PENYAKIT ASMA, CARA MENCEGAH DAN MENAGGULANGI

Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Asma Secara Alami
Penyebab Penyakit Asma
Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asma, namun hal paling dominan adalah lingkungan. Mengapa lingkungan menjadi penyabab utama? Hal ini dikarenakan lingkungan merupakan tempat tinggal kita, sehingga jika lingkungannya kotor, maka dapat dipastikan orang yang tinggal di lingkungan tersebut pun akan kotor pula.
Selain lingkungan, terdapat beberapa pemicu gejala asma, namun pemicu-pemicu tersebut berbeda-beda bagi tiap penderita. Berikut ini beberapa pemicu asma :
  • Infeksi paru-paru dan saluran napas yang umumnya disebabkan oleh virus flu dan demam.
  • Alergen, seperti bulu hewan, tungau debu, dan serbuk sari.
  • Alergi makanan tertentu yang disebut juga sebagai reaksi anafilaksis. Contohnya adalah penderita asma yang alergi terhadap kacang-kacangan. Reaksi anafilaksis dapat memicu serangan asma yang lebih buruk pada penderitanya.
  • Faktor cuaca, seperti cuaca dingin, cuaca berangin,  cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembab, dan perubahan suhu yang drastis.
  • Iritasi udara, seperti uap kimia, asap rokok, dan polusi udara.
  • Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet makanan) seperti selai, udang, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan, dan beberapa wine tertentu yang hanya memicu orang-orang yang rentan.
  • Olahraga (kadang-kadang gejala asma menjadi lebih buruk saat penderitanya melakukan olah raga).
  • Kondisi dalam ruangan, seperti ruangan yang lembab atau berjamur, bahan lantai, bahan kimia karpet, dan tungau debu.
  • Obat-obatan seperti obat anti inflamasi non steroid (obat pereda sakit) seperti aspirin dan ibuprofen. Sebagai catatan, aspirin sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia 16 tahun.
  • Faktor-faktor emosi seperti stres atau tertawa.
Penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi pada gangguan saluran pernafasan, sehingga seseorang akan sulit untuk bernafas. Penyakit asma juga merupakan penyakit turunan, jadi jika anda mengidap penyakit asma maka anak atau cucu anda bisa juga mengidap penyakit tersebut.
Gejala Penyakit Asma
Mengalami kesulitan bernapas, batuk-batuk, mengi, serta dada yang terasa sesak merupakan beberapa gejala utama dari penyakit asma. Biasanya jika gejala ini kambuh dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur.
Biasanya gejala tersebut akan bertambah parah jika serangan asma yang diderita pasien juga semakin parah. Selain itu, terdapat beberapa gejala lainnya yang mungkin dirasakan oleh orang yang menderita asma yang sudah parah. Beberapa gejala tersebut diantaranya yaitu :
  • Inhaler pereda yang tidak ampuh lagi dalam mengatasi gejala.
  • Gejala batuk, mengi dan sesak di dada semakin parah dan sering.
  • Sulit bicara, makan, atau tidur akibat sulit bernapas.
  • Bibir dan jari-jari yang terlihat biru.
  • Denyut jantung yang meningkat.
  • Merasa pusing, lelah, atau mengantuk.
  • Adanya penurunan arus puncak ekspirasi.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika anda mengalami berbagai gejala tersebut. Sehingga anda bisa mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.
Cara Mencegah Penyakit Asma
Jika kebetulan Anda seorang pengidap asma atau orang yang hidup dengan asma, jangan khawatir atau cemas dengan penyakit Anda. Asma merupakan kondisi yang dapat dikendalikan asalkan Anda menerapkan disiplin, baik dalam hal penanganannya, maupun pencegahannya.
Selain itu, jika anda memiliki keuluarga yang memiliki riwayat penyakit asma, pencegahan juga harus segera dilakukan, karena penyakit asma merupakan salah satu penyakit menular.
Berikut Beberapa Cara Mencegah Penyakit Asma :
Menjaga Kesehatan
Menjaga kesehatan merupakan usaha yang tidak terpisahkan dari pengobatan penyakit asma. Bila penderita lemah dan kurang gizi, tidak saja mudah terserang penyakit tetapi juga berarti mudah untuk mendapat serangan penyakit asma beserta komplikasinya. Usaha menjaga kesehatan ini antara lain berupa makan makanan yang bernilai gizi baik, minum banyak, istirahat yang cukup, rekreasi dan olahraga yang sesuai.
Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang kotor merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit asma. Sehingga kebersihan lingkungan misalnya rumah sangat penting diperhatikan. Rumah sebaiknya tidak lembab, cukup ventilasi dan cahaya matahari.
Menghindari Faktor Pencetus
Menghindari faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit asma merupakan cara mudah yang dapat kita lakukan. Misalnaya menghindari alergen yang sering menyebabkan asma seperti bulu hewan, tungau debu dan serbuk sari.

sumber :
http://www.blogkesehatandian.com/pengertian-penyakit-asma-serta-penyebab-dan-cara-mencegahnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Jenis Hasil Pengolahan Umbi-umbian

Cara membuat pot bunga mozaik keramik