Struktur Jantung

JANTUNG


Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Memompa darah ke berbagai bagian tubuh dan penurunan fungsi pada organ ini dapat menyebabkan konsekuensi yang serius. Mari kita lihat pada anatomi Jantung manusia.

Jantung manusia adalah pompa otot, yang terletak antara paru-paru, tapi sedikit ke sisi kiri. Jantung orang dewasa beratnya antara 250 sampai 300 gram pada wanita, dan 300-350 gram pada laki-laki. Panjangnya sekitar enam inci, dan lebarnya adalah sekitar empat inci. Sebuah jantung manusia rata-rata berdetak sekitar 72 kali per menit, dan memompa 4-5 liter darah (per menit) saat istirahat.

Tempat Jantung Manusia

Jantung terletak di tengah dada – anterior tulang belakang dan posterior sternum atau tulang dada (tulang panjang datar di tengah dada). Jantung terletak sedikit ke kiri, dari pusat thorax (daerah antara kepala dan perut). Oleh karena itu, paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan.
Jantung dibagi menjadi dua rongga (rongga kiri dan rongga kanan) oleh dinding otot yang disebut septum. Dua rongga terdiri dari masing-masing dua kamar. Bilik atas disebut atrium dan yang bawah disebut ventrikel. Rongga kanan menerima darah de-oksigen dari berbagai bagian tubuh (kecuali paru-paru) dan memompanya ke paru-paru, sedangkan rongga kiri menerima darah beroksigen dari paru-paru, yang dipompa ke seluruh tubuh. Mari kita membahas anatomi organ yang menakjubkan ini secara rinci.




Gambar jantung manusia. Jantung manusia adalah organ kecil, berbentuk agak seperti buah pir terbalik. Kira-kira, ukurannya sekitar ukuran kepalan orang
  1. Aorta
  2. arteri pulmonalis
  3. arteri pulmonalis kiri
  4. atrium kiri
  5. vena pulmonalis kiri
  6. arteri sirkomfleks
  7. arteri kecil kiri
  8. arteri desendin anterior kiri
  9. ventrikel kiri
  10. vena kava superior
  11. arteri pulmonalis kanan
  12. atrium kanan
  13. arteri koroner kanan
  14. vena pulmonalis kanan
  15. cabang konus arteriosus
  16. arteri ventrikel anterior kanan
  17. arteri kecil kanan
  18. ventrikel (bilik) kanan
  19. inferior vena kava

Bagian luar Meliputi –
Perikardium: Jantung dan akar pembuluh darah utama dikelilingi dan tertutup oleh struktur seperti kantung yang disebut perikardium. Ini terdiri dari dua bagian – fibrosa perikardium luar, terbuat dari jaringan ikat fibrosa padat dan membran dalam berlapis ganda (parietal dan viseral perikardium). Serat perikardium melekat pada tulang belakang, diafragma dan bagian lain dari tubuh, oleh ligamen. Membran berlapis ganda terdiri dari lapisan dalam disebut perikardium viseral, lapisan luar disebut perikardium parietal (fusi perikardium fibrosa) dan rongga perikardial (antara dua lapisan), yang berisi cairan serous – cairan perikardial. Cairan ini membantu dalam mengurangi gesekan yang disebabkan oleh kontraksi jantung.
Dinding Jantung: Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan jaringan – epikardium luar, tengah miokardium dan endokardium bagian dalam. Fungsi epikardium luar sebagai lapisan pelindung terluar, yang mencakup kapiler darah, kapiler getah bening dan serabut saraf. Hal ini mirip dengan perikardium visceral, dan terdiri dari jaringan ikat tertutup oleh epitel (jaringan membran yang meliputi organ internal dan permukaan internal lain dari tubuh). Lapisan dalam yang disebut miokardium, yang merupakan bagian utama dari dinding jantung, terdiri dari jaringan otot jantung. Jaringan ini bertanggung jawab untuk kontraksi jantung, yang memfasilitasi memompa darah. Di sini, serat otot dipisahkan dengan jaringan ikat yang kaya disertakan dengan kapiler darah dan serabut saraf. Lapisan dalam disebut endokardium, dibentuk dari jaringan epitel dan ikat yang mengandung banyak serat elastis dan kolagen (kolagen adalah protein utama jaringan ikat). Jaringan-jaringan ikat mengandung pembuluh darah dan serat otot jantung khusus yang disebut serat Purkinje.
Bilik Jantung: Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jantung manusia memiliki empat ruang, ruang atas dikenal sebagai atrium kiri dan kanan, dan ruang bawah disebut ventrikel kiri dan kanan. Dua pembuluh darah yang disebut vena kava superior dan vena kava inferior, masing-masing membawa darah terdeoksigenasi ke atrium kanan dari bagian atas dan bagian bawah tubuh. Atrium kanan memompa darah ini ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid. Ventrikel kanan memompa darah ini melalui katup pulmonal ke arteri pulmonalis, yang membawanya ke paru-paru (untuk mendapatkan kembali oksigen). Atrium kiri menerima darah beroksigen dari paru-paru melalui pembuluh darah paru, dan memompa ke ventrikel kiri melalui katup bikuspid atau mitral. Ventrikel kiri memompa darah ini melalui katup aorta ke berbagai bagian tubuh melalui aorta, yang merupakan pembuluh darah terbesar dalam tubuh. Otot-otot jantung juga disertakan dengan darah beroksigen melalui arteri koroner. Atrium dengan berdinding tipis, dibandingkan dengan ventrikel. Ventrikel kiri adalah yang terbesar dari empat bilik jantung, dan dindingnya memiliki ketebalan setengah inci.
Katup Jantung: Pada dasarnya katup dalam jantung dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis – katup atrioventrikular atau kaninus dan katup semilunar. Yang pertama adalah katup antara atrium dan ventrikel, sedangkan yang kedua berada di bagian bawah ventrikel. Katup trikuspid dan bikuspid (mitral) katup atrioventrikular, dan katup paru dan aorta adalah katup semilunar. Katup ini memungkinkan darah mengalir hanya dalam satu arah dan mencegah arus balik. Jantung memompa darah manusia sekitar lima liter per menit.


Sumber :
http://www.sridianti.com/struktur-jantung-manusia.html
http://diarysastraku.files.wordpress.com/2011/11/gambar-jantung.jpg
https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/2501-struktur-jantung-manusia-dan-fungsinya
https://www.youtube.com/watch?v=H04d3rJCLCE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Pengaruh Rangsang terhadap Gerak Menutup dan Membukanya Daun Putri Malu

CARA MEMBUAT LILIN HIAS AROMA TERAPI