Umbi-umbian dan Manfaatnya

Hallo semuaaaa ketemu lagi dengan saya, terimakasih yang telah mengunjungi blog saya selama ini. disini kita akan mempelajari tentang umbi umbian dan manfaatnya ya...


Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Umbi-umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk patinya yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi. Namun pemanfaatan umbi-umbian masih belum maksimal karena dianggap sebagai makanan tradisional yang kurang berkelas.
Jenis umbi umbian :
1. Ubi Jalar

Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah dan ungu. Ubi jalar adalah makanan manis yang bebas lemak, namun ia mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi (sekitar satu cangkir).
Manfaat ubi jalar :
  1. Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, karena memiliki kemampuan untuk menstabilkan gula darah dan resistensi insulin yang lebih rendah. Karotenoid dalam ubi jalar yang bermanfaat dapat mengatur kadar gula darah.
  2. Ubi jalar merupakan makanan yang baik untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri sendi arthitis, karena ia kaya akan mineral.
  3. Tinggi serat, sehingga mengurangi resiko kanker usus dan sembelit.
  4. Beta-karoten yang terkandung dalam ubi jalar adalah anti-oksidan kuat yang membantu untuk melawan radikal bebas.
  5. Kalium tinggi yang ditemukan berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit serta integritas sel
  6. Sweet potato ini juga dapat mengurangi tekanan darah
  7. Jika dikonsumsi secara teratur, bisa meredakan peradangan pada lambung dan usus pada maag kronis
  8. Kalsium tinggi dan zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan dapat meningkatkan kepadatan tulang
  9. Ubi jalar juga baik untuk membantu penderita imsomnia
  10. Ketela manis ini juga Baik untuk mencegah stroke, karena menghambat pembekuan darah
  11. Makan ubi jalar juga dapat membantu agar kulit terlihat lebih cerah, dan kelihatan lebih muda.
  12. Kandungan tinggi beta-karoten dapat mengubah vitamin A dalam tubuh menjadi DNA yang bertujuan menghasilkan sel-sel kulit baru
Hasil gambar untuk singkong2. Singkong/ubi kayu (ketela pohon)
Singkong/ubi kayu merupakan tanaman perdu dengan akar tunggang dan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar. Singkong yang dimakan bagian dalam umbinya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun miskin protein. Tanaman singkong mulai dari daun, umbi dan kulit batang memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, amilum, enzim, gliosida dan kalium oksalat. 
Manfaat singkong :
a. Melancarkan pencernaan karena singkong banyak mengandung serat yang tidak larut dalam air
b. Obat luka bernanah dan terbakar.
c. Obat panas dalam, dengan cara diparut terlebih dahulu dan diambil air perasannya.
d. Diet rendah kalori karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti
3. Talas
Dalam talas terdapat kandungan gizi karbohidrat yang tinggi pada umbinya, mengandung rendah lemak, dan protein. Kandungan protein pada daun talas lebih tinggi dari umbinya. Selain itu, dalam umbi talas juga mengandung vitamin, diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan betakaroten (nutrisi setara vitamin A), serta terdapat kandungan serat yang cukup baik. Talas juga mengandung beberapa unsur mineral.
Hasil gambar untuk talas 

Adanya berbagai macam kandungan gizi pada talas, membuatnya memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan manusia, antara lain :

i. Kandungan serat cukup baik untuk memperlancar kerja pencernaan. 
ii. Mengonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun menjaga kolestrol darah tetap rendah, mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi
iii. Secangkir talas mengandung vitamin C yang cukup baik untuk memperkuat pertahanan tubuh, vitamin B6 membantu menjaga imunitas tubuh, dan vitamin E menurunkan resiko terkena serangan jantung.
iv. Kandungan betakaroten pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan fertilitas.
v. Kebutuhan beragam mineral dapat terpenuhi dengan satu cangkir talas
4. Kentang
Hasil gambar untuk kentang
Kentang adalah salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia. Ia merupakan tanaman semusim cocok ditanam di dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk dimakan umbi batangnya.Hal ini dikarenakan kentang kaya akan nutrisi, merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan tepung dan gula yang tinggi, vitamin dan serat. Kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan nasi, karena memiliki kandungan protein dan mineral yang lebih lengkap.


Dengan banyaknya kandungan gizi maka kentang juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

a.) Kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi
b.) Melawan penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan saraf, tumor dan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker rahim
c.) Baik untuk kesehatan kulit wajah dengan membalurkan parutan kentang di wajah dapat membuat kulit wajah bersinar dan mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.
d.) Mengurangi kadar kolestrol, karena kalorinya rendah.
e.) Baik untuk perkembangan otak karena adanya zat besi dan tembaga. Dapat menghilangkan stress pikiran karena kandungan vitamin B6.



Sumber :
http://www.mikirbae.com/2015/06/jenis-umbi-dan-manfaatnya.html
https://goo.gl/images/OmA2aE
https://goo.gl/images/A8jdKx
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-gizi-ubi-jalar-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan.html
https://goo.gl/images/DStgVu
https://goo.gl/images/ukQxmn 
https://goo.gl/images/H9omdz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Serealia dan Manfaatnya

Cara membuat pot bunga mozaik keramik