Serealia dan Manfaatnya

Assalamuailaikum Wr. Wb. ketemu lagi dengan saya di blog ini, kali ini kita akan belajar tentang tanaman serelia, kalian pasti bingung kan apa itu serelia?

"Serealia adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati. "

Serealia yang banyak tumbuh di Indonesia adalah padi (beras), jagung, gandum dan sorgum. Produksi serealia dari padi, gandum dan jagung didunia mencapai 87% dari seluruh produksi biji-bijian di dunia. Kandungan utama pada serealia adalah karbohidrat (terutama pati, kira-kira 80% dari bahan kering), protein (kira-kira 5% dari bahan kering), lemak (kira-kira 5% dari bahan kering), air, mineral (kira-kira 2%), dan vitamin.

1. Beras
Jenis-jenis serealia dan manfaatnya :
Beras adalah bulir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Selain rasa manis dari beras tanak, nasi cocok dipadukan dengan berbagai lauk pauk yang membuat orang menggunakan beras sebagai makanan pokok. Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna.
Macam macam manfaat beras :
  • Sumber Energi Untuk Berbagai Aktivitas
  • Menjaga Kesehatan Organ Jantung
  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi.
  • Mencegah Kanker Yang Lebih Efektif.
  • Mencegah Sejumlah Peradangan Pada Kulit.
  • Penangkal Demensia Dan Penyakit Alzheimer
  • Menyehatkan Organ Pencernaan Anda
2. Jagung
Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Tak hanya kaya serat, jagung juga sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
Manfaat jagung antara lain :
Hasil gambar untuk jagung
a. Menurunkan Berat Badan
b. Melancarkan ASI
c. Mencegah Kanker
d. Kesehatan Gigi
e. MencegahPenyakit Jantung
f. Mencegah Diabetes
g. Kesehatan mata

3. Gandum
Gandum adalah salah satu serealia dari famili Gramineae (Poaceae) yang merupakan salah satu bahan makanan pokok manusia selain beras. Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi diantaranya karbohidrat 60% - 80%, protein 6% - 17%, lemak 1.5% - 2.0%, mineral 1.5% - 2.0% dan sejumlah vitamin.
Hasil gambar untuk gandum
Manfaat gandum bagi kesehatan tubuh antara lain:
a.)Mengonsumsi gandum akan membuat kenyang lebih lama.
b.)Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
c.)Mengonsumsi gandum baik untuk menurunkan berat badan.
d.)Mengonsumsi gandum bisa bermanfaat untuk mencegah sembelit.
e.)Senyawa phytochemical pada gandum bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker.
4. Sorgum
Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Tanaman sorgum mirip tanaman jagung, namun tumbuh lebih tinggi dan cocok ditanam di tempat yang kering maupun berair, dan tahan terhadap hama daripada tanaman sejenisnya. Dari segi gizi, sorgum mengandung karbohidrat, protein, kalsium dan zat lain yang bermanfaat.
Hasil gambar untuk sorgum
Manfaat sorgum :
  • Daun sorgum menjadi sumber pakan ternak, tangkai daunnya bisa dijadikan kerajinan tangan dan sapu. Bunga sorgum juga bisa dimanfaatkan sebagai bunga kering untuk hiasan.
  • Batang sorgum adalah lumbung bioetanol dan bahan pembuat kertas. Batang yang masih muda bisa dibuat sirup, karena rasanya manis. Caranya, kupas kulit batang yang masih muda dan diambil bagian dalamnya.
  • Akar sorgum dapat digunakan sebagai jamu untuk memperlancar peredaran darah. Akar cukup diseduh, lalu airnya diminum.
  • Biji sorgum mengandung gizi tinggi, nilai protein, kalsium dan karbohidratnya lebih besar, dibandingkan beras dan jagung. Sorgum juga kaya serat dan mengandung gluten rendah. Biji sorgum dapat dibuat tepung sebagai bahan dasar pembuatan penganan. Bahkan setelah dikupas kulitnya, biji sorgum dapat langsung ditanak layaknya beras dan dikonsumsi.

Sumber :
http://www.mikirbae.com/2015/06/jenis-jenis-serealia-dan-manfaatnya.html
http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2014/03/manfaat-dahsyat-beras-kesehatan-tubuh.html
https://www.google.co.id/url?
https://goo.gl/images/xzzkdr
http://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2014/01/kandungan-dan-manfaat-jagung-untuk.html
https://goo.gl/images/HHjYbm
https://goo.gl/images/WxGLJu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat pot bunga mozaik keramik

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan