Jenis Hasil Pengolahan Umbi-umbian

1. Ubi kayu atau singkong
Hasil gambar untuk gaplekPengolahan Ubi Kayu Ubi kayu atau singkong (manihot utilisima) merupakan salah satu hasil pertanian yang tidak tahan lama dan mudah rusak . Ubi kayu segar hanya dapat disimpan selama 3 hari. Jika disimpan lebih dari 3 hari, umbinya akan berwarna cokelat kebiruan. Oleh karena itu, setelah dipanen ubi kayu harus segera dikonsumsi atau diproses lebih lanjut. Untuk mempertahankan daya simpannya, ubi kayu dapat diolah menjadi gaplek, tepung ubi kayu atau tapioka. Pembuatan Gaplek Berdasarkan bentuknya , gaplek dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu gaplek gelondongan, gaplek rajangan (chips), gaplek irisan (slice), dan gaplek kubus (cubes). 
Hasil gambar untuk kroket kentang
2. Kentang
Kentang, selain dikonsumsi dalam keadaan segar, dewasa ini tidak sedikit diolah menjadi berbagai hasil industri makanan jadi atau setengah jadi. Pemasaran kentang umumnya dilakukan secara tradisional dengan rantai pemasaran cukup panjang.Misalnya, dari petani ke borongan kecil di desa lalu ke pedagang borongan besar di kota besar atau antar daerah lalu ke pedagang pengecer besar atau kecil, dan selanjutnya ke konsumen. Pemanfaatan kentang antara lain adalah kentang rebus, kentang kukus, kroket kentang, soup kentang, pergedel kentang, chip kentang, dan pati kentang.

Hasil gambar untuk cake ubi jalar3. Ubi Jalar
Kesukaan masyarakat terhadap ubi jalar yang rendah dapat ditingkatkan jika ubi jalar diolah menjadi produk yang lebih sempurna dan disukai oleh masyarakat. Demikian pula, harga ubi jalar yang rendah dapat ditingkatkan elaluipeningkatan bentuk yang lebih sempurna. Pengolahan ubi jalar dengan peningkatkan keragaman produk pangan yang lebih sempurna dapat memberi nilai tambah dan mengangkat ubi jalar menjadi komoditas yang bernilai tinggi. Bermacam-macam bentuk olahan ubi jalar yang berdaya guna dan dapat meningkatkan kesukaan masyarakat terhadap ubi jalar contohnya chip, tepung, cake, kue lapis, kasstengels, kue semprit cokelat, seriping, kue talam, kelepon, kue lumpur, kue mangkok, krakeling asin, selai, saus, kolak chip, dan perboiled.
Hasil gambar untuk keripik talas4. Talas
Talas memiliki banyak manfaat, namun masyarakat enggan untuk memperhatikan. Karena hal tersebut banyak masyarakat prihatin, manfaat talas yang begitu besar tidak dihiraukan oleh masyarakat. Sehingga masyarakat memutar otak, bagaimana cara memunculkan inovasi, agar masyarakat sadar betapa bsr manfaat talas. Inovasi tersebut juga dipergunakan masyarakat untuk mengolah kembali aneka olahan dari talas. Contoh-contoh hasil olahan dari talas adalah bubur, dodol, keripik, kue, bolu, dan steak


Sumber :
http://dokumen.tips/documents/pengolahan-umbi-umbian.html
https://goo.gl/images/nIidXN
http://topagriculture.blogspot.co.id/2009/05/produk-olahan-dari-kentang.html
https://goo.gl/images/QFLkAR
http://ferry-vernandho.blogspot.co.id/2012/01/makanan-olahan-ubi-jalar.html
https://goo.gl/images/gH8cme
https://dparamitadewi.wordpress.com/2013/04/23/berbagi-olahan-dari-talas/
https://goo.gl/images/5qVzkZ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Serealia dan Manfaatnya